Thursday 15 December 2016

Seberapa Penting Keberadaan Site Clinic / Klinik Site / Ruang P3K

Site Clinic atau  klinik site bahkan mungkin di beberapa lokasi kerja yang lain disediakan ruang P3K  (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) merupakan salah satu fasilitas yang harus tersedia di area project. 

Tentu saja keberadaannya sangat dibutuhkan untuk merawat pekerja atau pun karyawan yang tiba - tiba menderita sakit atau terjadi kecelakaan kerja dilokasi proyek. Dalam pengadaaannya perusahaan dalam hal ini biasanya maincontractor akan berkoordinasi dengan pihak terkait baik itu PMI atau RS rekanan.

Undang Undang no. 23 Tahun 1992 tentang Kesehatam menyatakan bahwa setiap orang mempunyai hak yang sama untuk memperoleh derajat kesehatan yang optimal. Sehingga pada dasarnya, kesehatan merupakan hak asasi manusia dan setiap penduduk berhak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan termasuk pekerja.

Berbagai penyakit akibat pencemaran lingkungan maupun penyakit - penyakit yang diperoleh dari tempat kerja atau karena pekerjaannya diperkirakan akan meningkat baik secara kuantitas maupun intensitasnya. 

Sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan Pasal 23 menyebutkan bahwa "setiap tempat kerja wajib menyelenggarakan upaya kesehatan kerja". Salah satu bentuk pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan swasta di tempat kerj adalah klinik di tempat kerja

Untuk mewujudkan kesehatan pekerja yang baik, maka perusahaan diharapkan dapat menyediakan sarana pelayanan kesehatan kerja dasar di wilayah kerjanya. Untuk melaksanakan fungsinya, klinik perusahaan dilengkapi dengan tenaga medis, obat, peralatan dan prasarana pendukung lainnya.

Semoga bermanfaat....

No comments:

Post a Comment