Saturday 10 December 2016

Menciptakan Budaya K3 #4 Safety Management Walkthrough

Langkah selanjutnya dalam menciptakan Budaya K3 adalah dengan melakukan Safety Management Walkthrough atau inspeksi keselamatan bersama team management.

Tentu saja hal ini menjadi agenda rutin yang menjadi inti program pada Safety Committee selain Safety Committee Meeting. 

Pada Safety Management Walkthrough ini diikuti oleh member Safety Committee.

Biasanya saya mengumpulkan data terkait temuan unsafe action dan unsafe condition yang menonjol pada bulan tersebut dan menjadikannya sebagai object focus safety management walkthrough dengan tidak mengesampingkan temuan lain yang mungkin bisa anda dapatkan di lapangan ketika inspeksi.


Beberapa langkah yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut :
  1. Tentukan waktu untuk melakukan Safety Management Walkthrough secara berkala
  2. Siapkan dokumentasi berupa kamera, absensi kehadiran Safety Management Walkthrough dan catatan temuan kondisi dan tindakan tidak aman
  3. Sediakan Alat Pelindung Diri yang mungkin saja diperlukan selama proses Safety Management Walkthrough
  4. Kirim reminder ketika sudah mendekati masa pelaksaan Safety Management Walkthrough
  5. Ketua Safety Committee (P2K3) membuka dan menutup Safety Management Walkthrough
  6. Buat laporan hasil Safety Management Walkthrough dan bagikan seluruh anggota Safety Committee untuk dilakukan perbaikan
Safety Management Walkthrough ini merupakan dukungan dan bentuk tanggung jawab pimpinan perusahaan dalam melaksanakan program keselamatan dan kesehatan kerja di perusahaan anda.

Maka selalu berikan masukan kepada pimpinan perusahaan ketika Program K3 berjalan dengan baik maka nama perusahaan dan nama pimpinan akan menjadi baik pula.

Right Way .... Safe Way ..... Everytime

No comments:

Post a Comment