Wednesday 1 February 2017

Nearmiss Become An Incident & Accident Crane


Seringkali kadang kita mengabaikan nearmiss yang terjadi di sekitar kita, padahal jika kita biarkan nearmiss ini akan menjadi insiden dan bahkan akan menjadi accident.


Berikut ini iIlustrasi bagaimana sebuah kejadian nearmiss berujung pada insiden dan berakhir pada accident jika kita mengabaikannya.


Maret 2016 Crane ini dalam posisi akan menyebrangi jembatan temporary untuk ke dua kali pada hari tersebut akhirnya terperosok dan hampir jatuh ke dalam sungai dikarenakan posisi saat menyebrang jembatan, posisi crane berada di sisi kanan jembatan







Desember 2016 , pekerjaan lifting precast dilakukan dengan menggunakan crane 70 Ton namun pada saat lifting dilakukan , tiba tiba landasan outrigger amblas dan crane pun terjungkit, beruntung tidak ada korban dan kerusakan pada insiden ini karena material precast sudah on position sehingga aman.














Januari 2017, pekerjaan lifting material rebar dilakukan dengan menggunakan crane 70 ton untuk mengurangi beban muatan pada truck material yang tidak berani menuruni jalan karena khawatir kondisi truck bisa terjungkal. Pengurangan material dilakukan separuh dari muatan yang semula 24 ton menjadi 12 ton. 

Kondisi ini menjadikan crane mengalami kerusakan cukup parah namun beruntung operator crane selamat dan mengalami lecet pada jari akibat pecahan kaca. 


Ingat lah bahwa nearmiss akan menjadi kondisi fatal jika anda mengabaikannya, maka sejak saat ini...lakukan perbaikan terhadap setiap temuan untuk menghindari resiko bahaya yang lebih besar pada hari kemudian.

Keep Safe.....

No comments:

Post a Comment