Tuesday 17 January 2017

Bagaimana Jatuh Dari Ketinggian 1,8 Dapat Berakibat Fatal ??


Berbahayakah Jatuh Dari Ketinggian Kurang dari 1,8 Meter ??
Pertanyaan yang seakan-akan menganggap enteng potensi bahaya yang mungkin saja dapat muncul dan memberikan cedera pada pekerja di lapangan.

Sebagai praktisi HSE atau K3,seringkali kita selalu menegur pekerja yang bekerja di ketinggian lebih dari 1,8 meter untuk selalu menggunakan full body harness dengan alasan untuk melindungi pekerja dari bahaya jatuh yang dapat mengakibatkan cedera, patah tulang bahkan kematian. 

Namun baru - baru ini saya dikejutkan dengan kejadian pekerja jatuh dari ketinggian 1 meter, korban  sebenarnya adalah pengawas pekerjaan yang berasal dari negeri tirai bambu. 

Saat melakukan pegawasan, korban yang berada di dalam gedung bersandar pada sekumpulan papan dan pipa scaffolding yang berada disisi luar area gedung. Tekanan tubuh korban membuat papan dan pipa scaffolding yang tidak terikat terdorong keluar dan secara bersamaan si korbanpun keluar dari bangunan dimana terdapat beda elevasi +/- 1 meter namun sudah cukup untuk memberikan jahitan pada kepala korban dikarenakan helm korban terlepas saat terjatuh dan kepala korban terbentur tanah

Safety inspector yang berada dilapangan segera menginformasikan ke pihak paramedis yang kemudian memberikan pertolongan pertama pada korban.

Semoga hal ini memberikan pelajaran bahwa setiap pekerjaan sekecil apapun  memiliki potensi bahaya yang dapat merugikan pekerja. 

Keep Safe....

No comments:

Post a Comment